Kuliner Legendaris Di Jakarta

Jakarta selain dinobatkan sebagai kota metropolitan, kota ini juga memiliki segudang wisata kuliner yang lezat. Diantaranya adalah mempunyai pusat kuliner dari zaman dahulu yang dijaga dan dirawat turun temurun.

Nah sobat julid, artikel ini akan membahas beberapa tempat kuliner legendaris yang berhasil mengundang lidah masyarakat untuk mencicipinya. Yuk langsung di lihat daftar kuliner legendaris di Jakarta:

1.Bakmi Gang Kelinci

Image credit: @henidian

Di Jakarta terdapat sebuah jalan bernama Kelinci Raya, di jalan tersebut ada sebuah kuliner legendaris Jakarta bernama Bakmi Gang Kelinci. Rumah makan bakmi ini sudah buka sejak tahun 1957 dan tetap bertahan hingga saat ini. Bukan sekedar bertahan, rumah makan ini juga tetap memiliki banyak pengunjung, termasuk milenial yang mendengar kelezatan bakmi ini dari orang tua atau kerabatnya.

Bakmi Gang Kelinci menyajikan Bakmi Ayam Kriting, Bakmi Pangsit Goreng dan Bakmi Goreng Spesial. Bakmi Gang Kelinci ini menyediakan makanan dengan rasa yang lezat dan benar-benar bikin ketagihan.

Alamat : Jalan Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Jam Buka : 07.00AM- 21.00PM

2.Cakue Ko Atek

Image credit: Jakarta Post/Jessicha Valentina

Salah satu makanan legendaris yang wajib dikunjungi saat kalian kepasar baru nih guys, Cakue Ko Atek namanya, lokasinya persis di depan Bakmi Aboen masih dalam satu gang yang sama yaitu Gang Kelinci. Kiosnya hanya berupa bilik kecil dengan dinding triplek warna hijau. Setiap sisi dindingnya dipenuhi dengan aneka tempelan; ada foto Ko Atek bersama istrinya, potret wajahnya semasa muda, hingga berbagai ulasan media.

Cakue Ko Atek ini sudah berdiri sejak tahun 1971 loh dan sampai saat ini masih Ko Atek sendiri yang membuat adonan cakuenya. Ko Atek tidak pernah stok cakue mateng, jika ada orderan baru akan dibentuk adonannya lalu digoreng, sehingga cakue akan selalu hangat dan gurih. Tekstur cakuenya pun renyah ditambah sambal cuka dengan rasa asam pedas yang pas. Selain cakue, Ko Atek juga menjual kue bantal yang juga tidak kalah enak, tekstur kue yang renyah dan lembut dengan rasa manis yang pas.

Tertarik untuk mampir di kios Cakue Ko Atek? Sebaiknya datanglah sekitar pukul 11.00 WIB karena belum banyak pembeli yang datang memesan.

Alamat : Jl. Belakang Kongsi No.31, Pasar Baru, Jakarta Pusat (belakang Bakmi Gang Kelinci Pasar Baru)

Jam buka : 10.00AM – 02.00PM

3.Soto Betawi H. Ma’ruf

Image Credit: @adhyaksabagaskara (Instagram)

Soto Betawi H. Ma’ruf ini sudah dibuka sejak jaman penjajahan loh, sudah mulai berjualan sejak tahun 1940. Perjuangan H. Ma’ruf dalam berjualan soto betawi yang sukses seperti saat ini ternyata tidak mudah. Di tahun 1970, beliau sempat berjualan dengan cara memikul dagangannya.

Berkat kegigihan sang pendiri, tempat ini berhasil memiliki banyak pelanggan. Apalagi ada banyak pejabat dan selebiriti yang juga sering mampir untuk makan soto dan sate betawi di tempat ini.

Alamat : Jl. Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Jam buka : 10AM – 1PM

4.Sate & Sop Kambing H.Mansyur

Sate dan Sop Kambing H. Mansyur adalah salah satu kuliner legendaris Jakarta dan terkenal dengan kelezatan satenya. Tempat makanan ini juga menjual menu sate ayam jika Anda tidak begitu menyukai kambing.

Perlu diketahui, satu porsi sate bisa menaruh 10 tusuk dengan bumbu khas H.Mansyur yang gurih. Bila anda tertarik untuk mencicipinya, kami sarankan untuk datang saat pagi hari dikarenakan nantinya pada jam makan siang dan pukul 6 sore, tempat ini akan ramai oleh para pengunjung

Alamat : Jalan KH Abdullah Syafei RT 12/RW 9, Bukit Duri.

Jam Buka : 10.00AM – 09.00PM (Minggu Tutup)

5.Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 

Image credit: @jktdelicacy

Tempat makan legendaris di Jakarta yang menyajikan kuliner bertipe chinese food, yaitu Kwetiau Sapi Mangga Besar 78. Rumah makan ini sudah berdiri sejak 40 tahun silam, meski usaha sudah berjalan sejak 1956 dengan pikulan.

Menu yang ngehits dan populer di tempat ini adalah kwetiau siram. Kwetiau yang lembut dengan bumbu bawang putih dan kaldu sapi yang gurih, ditambah babat sapi, urat sapi dan daging sapi yang kenyal memberikan sensasi rasa yang mengesankan. Selain soal rasa, yang menjadikan sajian ini juga spesial adalah jumlah isinya yang cukup banyak.

Alamat : Jalan Mangga Besar Raya No.78D, Taman Sari, RT.13/RW.1, Taman Sari, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka : 10.00AM – 24.0PM

6.Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Image Credit: bisniswaralaba.id/Oktavia Rachmawati

Nasi Goreng Kambig Kebun Sirih berdiri sejak tahun 1958, sudah sekitar 60 tahun Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih berhasil mempertahankan eksistensi dan kualitas cita rasanya.

Ciri khas memasak di warung nasi goreng ini adalah nasi untuk puluhan porsi dimasak dalam satu wajan yang besar sehingga terlihat menggunung. Dan  rasa nasi gorengnya tetap gurih, sedap, dan pas! Dengan pemilihan bumbu dan rempah seperti kapulaga, kunyit, lada, sereh dan bumbu lainnya menjadi salah satu kunci kenikmatan nasi goreng kambing ini.

Alamat: Jl. Kebon Sirih, RT.3/RW.2, Raya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: Setiap hari, 17.00PM – 02.00AM

7.Bakso Adam Glodok

Image Credit: Detik Food / Devi S. Lestari

Bakso Adam cukup menyita perhatian karena antriannya yang panjang dan memiliki cukup banyak peminatnya. Bakso Adam bukan di kios besar atau restoran, tetapi hanya berjualan menggunakan gerobak sederhana. Tidak beda dengan penjual bakso keliling lainnya. Bakso Adam berada di pasar kawasan Glodok, Jakarta Barat, posisinya persis ada di pinggir jalan dan mudah dikenali lewat antrean pembeli yang panjang.

Tidak seperti bakso gerobakan lainnya, Bakso Adam tidak menyediakan mie kuning, taoge maupun sawi. Uniknya lagi bakso ini juga bisa disajikan dengan tetelan yang dipotong dadu dan dimasak terpisah dengan bakso, sehingga tetelan terasa lebih berbumbu dan tidak amis. Ada juga tambahan tahu putih yang ukurannya terbilang besar. Untuk baksonya sendiri terdiri dari tiga jenis dengan ukuran sama yakni bakso polos, bakso urat dan bakso gepeng. Rasa kuahnya gurih khas kaldu sapi dengan aroma yang semerbak mengundang selera.

Alamat : Jl. Pancoran No. 68, Kota Tua, Pinangsia Tamansari. Jakarta Barat (depan toko manisan Afung)

Jam buka : 16.00 – 19.30PM

8.Ragusa Es Italia

Image credit: @eatineraryid

Selain makanan berat ada juga loh kuliner legendaris Jakarta yang berupa dessert, seperti es krim. Ragusa Es Italia termasuk tempat makan tertua di Jakarta. Dikarenakan, restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1932, di mana bangsa Indonesia sendiri masih dalam masa penjajahan.

Ciri khas dari kelezatan es krim di Ragusa ini adalah homemade dan terbuat dari susu sapi segar. Tekstur dan rasanya pun sangat alami, lembut tanpa adanya pengawet,

dan tampilan es krimnya terkesan jadul. Namun, kenikmatan es krim di Ragusa inilah yang membuat kita selalu rindu untuk menikmatinya lagi.

Alamat : Jalan Veteran I No.10 Gambir, Jakarta Pusat.

Jam buka : 10.00AM – 10.00PM

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap