Hari Perempuan Sedunia, Perempuan harus saling merangkul bukan menjatuhkan

Hari Perempuan Sedunia (International Women’s Day) yang jatuh pada tanggal 8 Maret. Peringatan hari perempuan merupakan bentuk perayaan pencapaian perempuan di berbagai bidang baik sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Tak cuma merayakan pencapaian perempuan, di Hari Perempuan Sedunia juga menjadi ajang menyuarakan persamaan gender antara perempuan dan laki-laki.

Walaupun hari perempuan sudah menjadi suatu sejarah dan peringatan, tetapi masih terlihat gap antara laki-laki dan perempuan yang membentuk sebuah persepsi beberapa orang, bahwa perempuan dinyatakan tidak layak serta tidak baik untuk berada posisi setara dengan laki-laki.

Hal ini dapat menurunkan tingkat kepencayaan seseorang perempuan, perempuan akan merasa kurang bisa untuk melakukan sebuah improvement dan menciptakan suatu karya.

Namun sebagai perempuan kita harus membuat sebuah dobrakan untuk membentuk dan merealisasikan sebuah kepercayaan diri dengan cara-cara sederhana, rasa percaya diri akan mempermudah seorang perempuan untuk mengekspresikan diri dan berani melakukan banyak hal.

Meski begitu tak banyak perempuan yang tahu seberapa berharganya mereka. Sehingga masih jarang yang mau mengeksplor kemampuan di dalam diri mereka. Bahkan masih terkesan tidak percaya diri. Lalu bagaimana caranya agar bisa terus percaya diri dan positive thinking?

1. Belajar mengenal diri sendiri karena kamu perempuan istimewa

Perempuan memang diciptakan dengan banyak keistimewaan. Meski begitu tak banyak yang menyadari, bahkan mungkin mengabaikannya begitu saja. Tentu bukan orang lain yang harusnya lebih dulu menyadari dan mau menghargai perempuan dengan begitu baiknya.

Tapi diri kita sendiri sebagai perempuan yang harusnya mulai menyadarinya. Tanpa paksaan dan tanpa arahan, perempuan memang sudah selayaknya menyadari betapa istimewa dan berharganya dia di mata dunia.

Menjaga diri dan hargailah dirimu sendiri sampai orang lain segan untuk meremehkan apalagi memandangmu tak berharga. Kamu layak untuk tidak hanya dinilai baik tapi juga diperlakukan dengan cara yang istimewa.

2. Rawatlah dirimu

Setiap perempuan harus bisa merawat dirinya sendiri. Luangkanlah waktu untuk memanjakan diri dengan rangkaian perawatan dari atas kepala hingga ujung kaki.

Cara berpakaian juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kita, menggunakan pakaian untuk bisa tampil percaya diri tidak harus dengan menggunakan pakaian yang modis atau bermerek. Kamu dapat melakukan mix and match pakaian yang kamu miliki agar bisa sesuai dengan postur tubuh kamu. Gunakanlah pakaian yang dapat membuat kamu nyaman.

Dan janganlah mengikuti standar atau paradigma bahwa seorang perempuan di nilai cantik jika perempuan menggunakan pakaian dress, memiliki rambut panjang dan berkulit putih, karena cantik tidak hanya dinilai dari penampilan luar saja, tetapi dinilai dari dalam diri seperti karakter yang dimilki dan rasa syukur serta kegembiraan dalam diri.

3. Kenali kemampuanmu dan mulai berkarya

Setiap manusia memiliki kemampuan dan sebagai perempuan kita layak untuk memiliki mimpi yang tinggi dan setara dengan pekerjaan yang biasa dilakukan laki-laki, tidak bermental instan, harus mau gagal dan konsisten untuk membangun kemampuan dirinya.

Tampil berbeda itu biasa, jangan hanya menilai suatu keberhasilan dari seberapa popular anda, tetapi dari seberapa banyak karya yang dapat anda ciptakan.

Berani untuk mengeluarkan suara dan pendapat tentang impian kita, karena kita akan lebih terpacu untuk melakukan tindakan dari impian yang sudah kita suarakan. Kemampuan yang dimiliki bisa berawal dari hobi, misalnya menyanyi, kembangkan hobi sebaik mungkin dengan selalu berlatih setiap hari.

4. Memiliki jaringan pendukung yang positif

Dukungan dari orang-orang terdekat kamu dapat membangun percaya diri, mereka akan selalu berusaha membangun kepercayaan dirimu, membuat kamu bahagia dan memberikan kamu nasehat serta memotivasimu.

Di antara orang-orang yang mengisi hidup kamu, pikirkan siapa saja yang benar-benar bisa membuat kamu merasa hebat. Buatlah rencana untuk melewatkan waktu dengan orang-orang yang selalu medukung dan menyemangati kamu.

Sebagai sesama perempuan kita harus saling merangkul dan mendukung, banyak perempuan yang tidak menyadari bahwa sesama perempuan lebih cenderung untuk saling menjatuhkan dan bicarakan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap