Jakarta Kota Termacet di Dunia

ANTARA/Dhemas Reviyanto

Halo sobat julid, kali ini kita akan membahas daftar kota termacet di dunia, dan kira-kira Jakarta masuk dalam urutan ke-berapa ya?

Menurut survey dari Lembaga pemantau kemacetan lalu lintas, TomTom index merilis hasil index lalu lintas kota-kota termacet di dunia selama tahun 2019.

Dalam indeks tersebut, Jakarta berada di urutan kesepuluh dengan tingkat kemacetan 53 persen, dari 416 kota yang berasal dari 57 negara di seluruh dunia.

Pada tahun 2018, Jakarta menduduki peringkat ke 7, meski posisinya turun dari urutan 7 menjadi 10, namun tingkat kemacetan Jakarta tercatat tidak mengalami perubahan sejak 2018 loh, yakni masih menduduki tingkat kemacetan sebanyak 53 persen.

Tingkat Kemacetan

Menurut data TomTom, pada hari kerja atau weekdays, puncak kemacetan terjadi setiap hari Senin di pagi hari pada pukul 7-8. Tingkat kemacetan pada jam tersebut mencapai 65 persen.

Sedangkan puncak kemacetan sore hari untuk hari kerja terjadi pada setiap hari Jumat jam 5-6 sore dengan tingkat kemacetan mencapai 98 persen. Jumat sore merupakan waktu terburuk selama sepekan loh.

Sehingga tingkat kemacetan Jakarta pada saat jam sibuk di pagi hari, perjalanan yang seharusnya memakan waktu tempuh 30 menit dalam kondisi normal menjadi 49 menit atau 19 menit lebih lama.  Sedangkan, saat jam sibuk malam hari, waktu tempuh perjalanan 30 menit menjadi 56 menit. 

Melalui fenomena ini, untuk menurunkan tingkat kemacetan di Jakarta, kebijakan apa saja sih yang seharusnya akan dilakukan oleh Gubernur Jakarta?

Apakah kebijakan ganjil genap akan tetap efektif untuk menurunkan tingkat kemacetan di Jakarta? 

Apakah Pemerintah kurang berperan dalam menurunkan tingkat kemacetan di Jakarta?

Sebaiknya kita tidak boleh hanya menyalahkan pada sisi Pemerintah saja ya guys, tetapi cobalah mulai dari diri sendiri untuk berperan menaati setiap peraturan lalu lintas dan cobalah gunakan setiap transportasi umum yang telah disediakan.

Jika setiap masyarakat ikut berkontribusi untuk menurunkan tingkat kemacetan, pasti program yang akan Pemerintah jalankan juga akan berhasil.

Mari sama-sama ikut berkontribusi untuk menurunkan tingkat kemacetan di Jakarta, untuk membangun Jakarta lebih baik lagi di tahun berikutnya!

Dan berikut 10 besar kota termacet di dunia:

  1. Bengaluru, India dengan tingkat kemacetan 71%
  2. Manila, Filipina dengan tingkat kemacetan 71%
  3. Bogota, Kolombia dengan tingkat kemacetan 68%
  4. Mumbai, India dengan tingkat kemacetan 65%
  5. Pune, India dengan tingkat kemacetan 59%
  6. Moscow, Rusia dengan tingkat kemacetan 59%
  7. Lima, Peru dengan tingkat kemacetan 57%
  8. New Delhi, India dengan tingkat kemacetan 56%
  9. Istanbul, Turki dengan tingkat kemacetan 55%
  10. Jakarta, Indonesia dengan tingkat kemacetan 53%.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap